Silakan download Ketentuan dan syarat penulisan
Ketentuan karya tulis ilmiah
a. Tema:
1. Bahan baku alternatif sebagai sumber energi baru rendah emisi
2. Rencana global bagi revolusi pertanian dan kehutanan yang berkelanjutan
3. Pemanfaatan tanaman lokal untuk reboisasi dan rehabilitasi lahan
4. Sistem kongkrit menekan hilangnya keanekaragaman hayati
5. Inovasi perencanaan wilayah dan kota yang mendukung terjaganya sumber daya hayati
b. Karya tulis yang dibuat harus sesuai dengan salah satu tema atau kombinasi dari tema-tema yang ditentukan
Syarat
I. Peserta :
Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA dalam rangka Biological Opus Fair VI adalah sebagai berikut :
1.1 Peserta adalah siswa SMA se-nasional
1.2 Peserta berkelompok maksimal 3 orang. Para finalis untuk setiap sekolah hanya dapat didampingi oleh 1 orang guru pendamping. Piagam penghargaan akan diberikan kepada setiap finalis dan guru pembimbing (guru yang tercantum namanya di dalam karya tulis), diharapkan guru pembimbing sekaligus merupakan guru pendamping.
1.3 Setiap tim hanya diperkenankan untuk mengikut sertakan satu tulisan
1.4 Setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari satu karya tulis, tetapi dari tim yang berbeda.
1.5 Pendaftaran karya dimulai gelombang I : 20 September – 30 November 2012 Gelombang II : 1 – 31 Desember 2012dan pengumpulan karya dimulai pada tanggal 30 November– 31 Desember 2012 , dengan cara :
a. Mengisi formulir pendaftaran dan lembar pernyataan orisinalitas karya tulis yang tersedia pada lembar terakhir persyaratan lomba ini, serta
a. b. Membawa slip asli dan fotokopi bukti pembayaran , formulir pendaftaran dan karya rangkap 3 ( 1 asli,2 fotocopy) dan softcopy dengan format Ms. Word (doc) dan pdf yang dimasukkan dalam 1 CD semua dimasukkan ke dalam amplop cokelat disertakan dengan identitas lengkap.
Persyaratan penulisan
a. Naskah belum pernah diterbitkan/dipublikasikan sebelumnya
b. Naskah ditulis menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word. Untuk penyerahan akhir berupa hard copy rangkap 3 (1 asli, 2 fotocopy) dan softcopy dengan format Ms. Word (doc) dan pdf yang dimasukkan dalam 1 CD.
c. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan
Petunjuk Penulisan/Pengetikan
a. Naskah diketik 1 (satu) spasi pada kertas berukuran A4 dengan font 12, Times New Roman, margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4 cm, dan bawah 3 cm.
b. Cara penulisan Bab dan Sub bab tidak menggunakan sistem numeral, artinya tidak ada penomoran Bab dan Sub-bab. Penulisan bab baru mengikuti bab sebelumnya dengan jarak 3 spasi antara judul bab dengan baris terakhir bab sebelumnya (tidak berganti halaman baru).
c. Judul artikel diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
d. Judul Bab diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dimulai dari sebelah kiri tanpa digaris-bawahi.
e. Judul Sub bab ditulis dengan font style bold (cetak tebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi dan kata sambung.
f. Judul Anak Subbab ditulis dengan font style italic (cetak miring) dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi dan kata sambung.
g. Jarak pengetikan antara Bab dan Subbab 2,5 spasi, antara Subbab dan kalimat dibawahnya 2 spasi.
h. Alinea baru diketik menjorok ke dalam (diberi indentation) sebanyak 7-8 karakter (1,25 cm).
i. Nama-nama penulis beserta asal sekolah diketik tepat di bawah judul artikel dengan jarak 1,5 spasi.
j. Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan serta kata pengantar apabila ada, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil dan diketik di sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
k. Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas.
l. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab.
m. Gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab.
Format dan Struktur Penulisan
a. Format Cover
Warna Kuning
(ukuran A-4)
Format penulisan diwajibkan mengikuti contoh berikut:
b. Format Halaman Pengesahan
a. Judul :
b. Ketua Kelompok :
a. Nama Lengkap :
b. Sekolah :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
d. Alamat email :
e. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis: ____ orang
c. Guru Pembimbing
a. Nama Lengkap dan Gelar :
b. NIP :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
__________, ______________
__________,
______________
Mengetahui,
Guru Pembimbing
(__________________________)
NIP.
|
Ketua Kelompok
(_________________________)
|
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut .
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul
1) Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
2) Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas
3) Perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas.
4) Tahun penulisan
5) Kulit Muka luar menggunakan plastik transparan berwarna biru muda
b. Lembar Pengesahan
1) Lembar pengesahan memuat judul dan nama penulis.
2) Lembar pengesahan ditandatangani Guru Pembimbing, dan Kepala Sekolah lengkap dengan stempel sekolah.
3) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
c. Kata Pengantar dari penulis
d. Daftar Isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
2. Bagian Inti
a. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
1) latar belakang yang berisi uraian tentang alasan mengangkat gagasan menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung),
2) tujuan dan manfaat yang ingin dicapai.
b. Gagasan
Uraikan tentang:
1) Kondisi kekinian pencetus gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, observasi, imajinasi yang relevan),
2) Solusi yang pernah ditawarkan atau diterapkan sebelumnya untuk memperbaiki keadaan pencetus gagasan,
3) Seberapa jauh kondisi kekinian pencetus gagasan dapat diperbaiki melalui gagasan yang diajukan,
4) Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan gagasan dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya,
5) Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai,
c. Kesimpulan
1) Gagasan yang diajukan,
2) Teknik implementasi yang akan dilakukan,
3) Prediksi hasil yang akan diperoleh (manfaat dan dampak gagasan)
3. Bagian Akhir
a. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.
b. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta mencakup:
• nama lengkap,
• tempat dan tanggal lahir,
• karya-karya ilmiah yang pernah dibuat,
• penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
c. Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.